Personal

Menikah

Sudah hampir dua bulan kami menikah, ucapan selamat masih juga datang dari teman-teman yang belum sempat ketemu atau baru mengetahui berita pernikahan kami. Ucapan-ucapan selamat itu, membuat saya berpikir lagi, ah saya sudah menikah sekarang, sudah berubah. Berubah? Apa betul? Mungkin iya, mungkin juga tidak. Ucapan selamat yang baru datang itu, juga membuat saya berpikir lagi, menikah itu sebenarnya apa sih. Apa makna sebenarnya sebuah pernikahan untuk seorang perempuan macam saya yang sudah over 30. Yang sebelum menikah sudah cukup matang kehidupannya tanpa seorang significant other…

Pada hari pernikahan, kami mendapat sebuah hadiah dari adik laki-laki saya. Karena dia pintar menggambar, dia gambar tampang kami berdua dalam bentuk karikatur, berjaket dan bersepatu trekking, sesuai dengan hobby dan pekerjaan kami berdua yang suka keluyuran di alam bebas. Di bawah gambar itu ada sebuah puisi yang dia tulis (entah mengarang sendiri atau menyadur dari sumber lain..), namun setelah saya baca berulang-ulang, puisi itu cukup menjawab pertanyaan saya tentang arti pernikahan itu. Begini puisinya:

Selamat

Telah kaugenapkan agamamu

Semoga pernikahan ini dapat menjadi sumur yang tak akan pernah kering selamanya

Sumur tempat menimba pahala, juga pelepas dahaga dari perih dunia

Semoga pernikahan ini akan membuat jiwamu bertumbuh

Bertumbuh kuat meski menghadapi cobaan yang membadai

Karena sesungguhnya pernikahan tak selalu menghamparkan keindahan

Ada banyak aral yang mesti dihadapi dengan ketulusan, keikhlasan dan kesabaran

Namun, di balik suka dan duka pernikahan Allah menjanjikan surga dengan kenikmatan hingga titik ketakhinggaan

Bagi insan yang tetap berada di jalan takwa

Demikian yang dia dan istrinya tulis buat hadiah pernikahan kakak perempuannya. Semoga bisa jadi inspirasi buat yang juga sedang bertanya-tanya soal arti menikah 😉

4 thoughts on “Menikah”

  1. Congrats on the blog! Btw, hanya menyampaikan beberapa ucapan dan komen nih

    Martin Jones: I hope she has a ‘modern’ relationship and can
    therefore get on with her career in research and not have to do all of the cooking and
    cleaning for him!

    Maggie: Wow!!! She looks stunning! I so, so wish I could have been there

Leave a comment