Terapi bicara dan bahasa untuk anak dengan celah bibir dan langit-langit (sumbing)

AKTIVITAS UNTUK MENGEMBANGKAN SUARA DAN BICARA PADA ANAK DENGAN CELAH BIBIR/LANGIT-LANGIT

Berikut adalah beberapa ide untuk membantu mendorong pergerakan bibir dan lidah serta suara yang penting untuk mengembangkan kemampuan bicara. 

Poin Umum

Jika anak Anda memiliki celah bibir/langit-langit, sebelum itu diperbaiki, maka dalam keadaan diam, posisi bagian belakang lidah umumnya akan berada di atas, di bagian langit-langit yang terbelah. Akibatnya, bagian tengah dan ujung lidah tidak berada di tempat yang normal. Ini berarti bagian ujung lidah akan kurang mendapatkan sensasi dari sentuhan. Akibatnya, ketika bayi mulai belajar mengoceh, bagian belakang lidah akan lebih banyak digunakan dari pada lidah bagian depan dan bibir. Kadang-kadang suara akan lebih dihasilkan dari tenggorokan, bukannya mulut.

Akan lebih membantu bila kita mengetahui dari bagian mulut mana suara-suara di bawah ini dihasilkan:

p b m   – Bibir atas dan bibir bawah bersama.  

t d n l – Ujung lidah menempel pada gusi di belakang gigi depan.

k g       – Bagian belakang lidah terangkat menempel pada langit-langit mulut.

Suara lain yang akan muncul berikutnya termasuk f  v  s  z  sh  ch  j  r  th

Bila anda telah mengerti tentang pola normal suatu suara, anda dapat mendorong pengucapannya dan dengan hati-hati mencegah suara yang abnormal. Kita cenderung secara tidak sadar mengulang kembali apa yang bayi ‘katakan’ atau lakukan, dan bayi juga meniru apa yang kita lakukan. Jadi, ketika anda bermain atau berbicara dengan anak anda, anda dapat mendorong suara ‘baik’ dengan mengucapkannya sendiri, misalnya dengan mengoceh mama, papa, lala, dada, nana. Jika anak anda menggunakan suara tenggorokan, celotehkan kembali suara depan, misalnya nanna / dada.

Banyak bermain dan ‘berbicara’ satu sama lain akan mendorong suara ‘depan’, terutama suara yang dihasilkan bibir dan ujung lidah. Merangsang bibir dan ujung lidah akan mendorong penempatan lidah ke depan, yang baik untuk perkembangan suara dan bicara anak anda.

Kegiatan berikut akan membantu mengembangkan sensasi dan kesadaran oral serta mendorong mereka untuk bereksperimen dengan suara:

Permainan Bibir

a) Mengecap-ngecap bibir atas dan bawah /meniup dengan lembut/mencium.

b) Mendorong ‘suara m’, dengan mengucapkannya dalam bermain.

c) Mendorong suara ‘p’ dan ‘b’

d) Membuat wajah lucu dengan bayi anda, mungkin di depan cermin atau merasakan gerakan wajah dengan jemari masing-masing. Tunjukan suara  ‘oo’, ‘ee’, ‘aa’ yang memiliki pola berbeda pada bibir.

e) Perhatikan apakah anak anda menempatkan bibir mereka di sekeliling sendok ketika makan.

Permainan Lidah

a) Tirukan gerakan lidah anak anda dan dorong mereka untuk mengikuti gerakan lidah anda (coba gerakan lidah masuk, keluar dan menjilat bibir).

b) Letakkan sedikit makanan di luar bibir mereka dan dorong mereka untuk menjilatinya.

c) Dorong suara ‘n’,’t’ dan ‘d’ misalnya celoteh ‘nanna’

d) Dengan lembut rangsang ujung lidah anak anda dan gusi depan atas mereka dengan sikat gigi yang sangat lembut.

Berbicara

Mendorong ‘percakapan’. Bicara dan mengoceh bergantian dengan anak anda. Tirulah suara yang mereka buat, kecuali suara tenggorokan.

Mendengarkan

Semua anak harus belajar untuk mengenali suara anda dari sejumlah besar suara lain di sekitar mereka. Tidak seperti kita, mereka tidak dapat ‘tune in’ ke dalam satu suara, seperti misalnya seseorang yang berbicara dan mengabaikan suara lainnya. Oleh karena itu, anda perlu membuatnya lebih mudah bagi mereka dengan cara mengurangi kebisingan latar belakang, seperti televisi atau radio. Hal itu bahkan lebih penting bagi anak-anak dengan celah langit-langit, karena pendengaran mereka mungkin terpengaruh juga.

Namun, beberapa strategi sederhana dapat membantu:

a) Duduklah sejajar dengan anak sehingga anak dapat melihat wajah anda. Pastikan kontak mata     dengan anak sebelum anda berbicara (Jika mereka tidak melihat sangat mungkin mereka tidak mendengarkan).

b) Gunakan suara merdu dan menarik sehingga anak anda tertarik mendengarkan.

c) Panggillah nama mereka sebelum berbicara untuk mendapatkan perhatian mereka.

d) Berbicaralah dengan jelas dan perlahan dengan kalimat-kalimat pendek.

Kegiatan untuk membantu anak mendengarkan

 a) Sumber suara yang bising – anak menyukai benda-benda yang dapat dipukul atau diguncang untuk menghasilkan suara.

b) Lagu dan cerita bersajak membantu anak mendengarkan dan mengantisipasi apa yang akan terjadi berikutnya dalam lagu/cerita.

c) Lakukan ‘jalan-jalan bising’ di sekitar rumah. Tarik perhatian mereka pada suara-suara di sekitar mereka, misalnya bel pintu, detak jam dinding, suara burung, dll.

Strategi umum untuk membantu perkembangan bicara

1. Terima apa pun yang anak anda katakan tanpa kritik, tetapi ulangi kembali perkataanya dengan ucapan yang benar. Misalnya jika anak mengatakan ‘mola’ untuk ‘bola’, katakan kembali dengan “Ya, ini bola.  ‘Mamak’ untuk ‘bapak’ dengan ‘Ya, itu bapak’.

2. Mendengarkan pengucapan kata yang benar dari anda sangat penting bagi anak – pengucapan suara yang benar dari anak dapat terjadi tanpa terapi.

Gagasan Lain

Tunjukkan pada anak anda apa yang terjadi jika anda meniup tangan mereka atau benda-benda seperti bulu atau kertas. Tiuplah makanan supaya dingin, cium tangan anda dan tiupkan ciuman jauh. Dorong anak anda untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan LEMBUT dan santai. Berhentilah segera bila terlihat ada ketegangan atau anak merasa dipaksa (NB: Bukan ide yang baik untuk memberikan anak anda alat musik, seperti peluit, atau mainan yang harus mereka tiup untuk menghasilkan suara – anak-anak secara alami ingin membuat suara sekeras mungkin! Ini berarti mereka akan menggunakan tiupan kuat, dan ini bukanlah pola yang baik untuk dilakukan.

Speech and Language Therapy Department

The Gem Centre

Neachells Lane 

Wednesfield

Wolverhampton WV11 3PG

United Kingdom 

Tel: (01902) 444363

Fax: (01902) 444442

38 thoughts on “Terapi bicara dan bahasa untuk anak dengan celah bibir dan langit-langit (sumbing)

  1. saya mau curhat …..anak saya umut 3 th sudah terapi wicara tapi belum ada kemajuan,apa yang harus saya lakukan

    • Salam Bunda. Anaknya hrs terapi krn apa? Sdh brp lama terapinya? Kalau krn cbl, usia brp op langit2? Bagaimana hsl operasinya? Semua itu akan berpengaruh ke brp lama hrs terapi. Terapi wicara utk cbl hrs ditambah latihan di rmh secara rutin. Tanpa latihan di rmh, perkembangannya akan lbh lama.

  2. saya mau tanya,,murid saya usia 4 tahun, dia bisa menangkap apa yang orang lain katakan dan merespon apa yang ditanyakan..tapi kata2nya tidak bisa didengar jelas(cadel), tapi setelah saya lihat lidahnya juga normal..kira2 terapi apa yang cocok untuk anak tersebut?krna di tegal masih sedikit sulit untuk menemukan terapi..terimakasih

    • Di bagian Rehabilitasi Medik RS biasanya ada terapis. Bisa juga diperiksa dulu oleh dokter spec rehabilitasi mediknya dulu, spy lbh jelas kenapa masih sulit bicara saat usia 4th

  3. Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (PTTKA) Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini anak berkebutuhan khusus, terapi terpadu untuk Autism, ADD, ADHD, Down syndrom, Cerebral palsy, terlambat bicara dll dg terapi wicara, sensori integrasi, behavior terapi, Renang& musik untuk anak berkebutuhan khusus, home visit terapi & program pendampingan ke sekolah umum. informasi lebih lanjut hubungi 0274 8267882

  4. Tulisan yang bagus..! Mb diah, anak sy cbl 18 bln dah 2 kali ops tp ngomongnya masih susah kosa katanya baru “maem, nna, dan ah” diajarin susah banget, pdhl anak yg normal seharusnya sudah bisa minim 20 suku kata lebih, sy bingung nih mb…takut nanti terlambat, ato mengalami kesulitan bicara

    • Terima kasih Bunda, salam kenal. Kalau Bunda khawatir dengan perkembangan bicara ananda, silakan bawa ananda berkunjung ke terapis wicara atau dokter rehabilitasi medik untuk diperiksa. Paling baik memang bertanya kepada ahlinya Bunda, anak saya juga langsung ke terapis waktu usia 18 bulan, supaya saya juga tenang dan pasti apakah ada yg salah atau tidak dengan si kecil. Semoga cepat dapat jawabannya ya Bunda…

      • Iya…mmg seharusnya sy bw ke trps ya bun..tp sy masih bngung nyari tmpat terpiny, krn sy tinggal di daerah paling dekat ke semarang aj 3jam…blm ad refr terapis dsna yg biasa menangani kasus cbl…sbnrnya pngin t bw k jkrt(ke bu rita) yg ahlinya tp kok sprtinya tdk mungkin disamping jauh sy jg kerja

  5. maaf mb..punya referensi terapi bicara di semarang tidak?… dulu odetanya p.slamet terapinya dimana ya… sepertinya beliau sekarang jarang on di cbl

  6. anak sya 4 tahun belum bisa menyebutkan kata-kata terutama yang ada hurup i kenapa ya dok…dia bisa bilang bapa,bu,ee,apa..ga mau….

    • Anak Bapak punya cbl juga? Apakah ikut terapi wicara? Anak saya dulu wkt usia 2tjan jg tdk bisa lafal i dan u, lalu oleh terapisnya diberi latihan khusus utk melatihnya mengucap lafal i dan u tsb. Skrg anak saya sdh lancar bicara dan normal semua pengucapannya

  7. Saya mau tanya, utk daerah medan ada tidak tempat terapi wicara spt ini, krn sy domisili d medan anak saya sdh pernah dioperasi ketika usia 1 thn dan sekarang anak sy sdh usia 3 thn tp msh kesulitan bicara, kalau di jakarta alamatnya di mana? Mohon bantuannya, terima kasih

  8. anak sy 2 bln,cbl.br bs melafalkan a i u e o. untuk huruf lain msh blm bs>unt surabaya,alamat terapinya dimana ya bu?terima kasih

    • Usia 2th atau 2 bulan Bu? Untuk Surabaya, Ibu bisa coba ke Klinik Dr dr Ratna D. Soebadi, Spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, Jl Trunojoyo 59, Surabaya. Teman2 dari komunitas cbl Indonesua yang di Surabaya juga terapi di sana Bu

    • Maaf, blm dapat infonya utk tmpt tw di Solo. Mgkn Bunda bisa cek ke RS besar, di bagian rehabilitasi mediknya, biasanya ada bgn utk terapi wicara

  9. Anak sya terlambat oprsai tahap 2 krn mlh dana(umur 3 thn) sdang cb ikut terapi wicara di rs harapan kita walau susah skali dpt jadwalnya..latihan apa yg bs dilakukan dirumah biar bs lbh membantu proses therapy nya

    • Latihan seperti yg tercantum di artikelnya aja Bunda, kita kreatif sendiri bagaimana ajak main anak sambil belajar. Semoga cepat dpt jadwal terapi ya Bund…

  10. Selamat pagi ,,,🙂
    Saya mau tanya,ada referensi terapi wicara,atau dokter specialis terapis wicara yang beralamat di semarang tidak,,?

      • Utk tempat operasi palato yang bagus di Palembang saya kurang tahu. Tapi baru2 ini ada teman di Komunitas SatuSenyum (whatsapp 087859490464) yg baru ops di Palembang tapi harus di revisi lagi karena masih ada lubang. Jadinya akan ops di RSCM dengan ikut program the Gentur Cleft Foundation. Utk hubungi GCF bisa ke no. 081310543684. Biaya operasi dan dokter akan dicover GCF, pasien masih harus sedia dana untuk cek lab, konsul anak, konsul anestesi dan kamar inap di RSCM. Semoga membantu ya…

  11. ASS. mba sy punya anak usia 4 tahun dy memiliki cacat celah bibir dan langit2.sdh 2x oprasi ini oprasi yg ke 3 untuk gusinya.
    bicarax sdh bagus tp kadang nda jelas,kadang jg kata kata seperti hidug dy balik jd ingu.seperti cadel bgt mba. sy tinggal di palu dan sy tdk tw terapis bicara dimana.mmohon bantuanx

  12. selamat pagi bunda,,,mo tanya anak saya baru aja habis operasi celah langit-langit,,,baru seminggu ini,,,itu kira2 nanti ada tahap apa lagi ya bund,,,suara nya berbeda dengan sebelum operasi

    • assalamualaikum bunda,,,saya punya anak usia 19 bulan post op celah langit langit.belum mengikuti terapi wicara.kalo minum susu masih menggunakan dot yang panjang apakah berpengaruh pada luka operasinya?bagaimana tipsnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s