Roseola (tampek atau gabagen)

http://kidshealth.org/parent/infections/skin/roseola.html#

Tentang Roseola

Roseola (juga dikenal sebagai sixth disease, exanthem subitum atau roseola infantum) adalah penyakit  yang disebabkan oleh virus pada anak-anak dan bayi, umumnya yangberumur antara 6 bulan sampai 2 tahun. Hal ini biasanya ditandai dengan demam tinggi selama beberapa hari, diikuti dengan timbulnya ruam pada kulit segera setelah demam hilang.

Dua virus umum dan erat terkait dapat menyebabkan roseola: virus herpes manusia (HHV) tipe 6 dan mungkin tipe 7. Virus ini berasal dari keluarga yang sama dengan virus herpes simpleks (HSV) yang lebih terkenal, tapi HHV-6 dan HHV-7 tidak menyebabkan luka dingin dan infeksi genital herpes yang disebabkan HSV.

Tanda dan Gejala 

Seorang anak yang terjangkit roseola biasanya menderita penyakit saluran pernafasan atas ringan, diikuti dengan demam tinggi (sering di atas 39,5 ° C) selama beberapa hari sampai dengan seminggu. Selama waktu ini, anak mungkin rewel atau mudah tersinggung dan mungkin nafsu makannya menurun. Kadang disertai pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Demam tinggi seringkali berakhir tiba-tiba, dan pada waktu yang sama ruam kulit berwarna merah muda sampai merah baik datar atau timbul  muncul di badan dan akan menyebar. Ruam akan berubah putih bila anda menyentuhnya. Bintik ruam dapat juga  memiliki “halo” disekelilingnya. Ruam biasanya menyebar ke, wajah leher, lengan, dan kaki.

Demam tinggi yang datang dengan cepat pada roseola dapat memicu kejang demam (kejang akibat demam tinggi) di sekitar 10% sampai 15% penderita.

Tanda-tanda kejang demam antara lain:

• ketidaksadaran

• 2 sampai 3 menit menyentak atau bergetar di tangan, kaki, atau wajah

• hilangnya kontrol kandung kemih atau perut

Penularan

Roseola bersifat menular dan menyebar melalui sejumlah kecil cairan dari hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi. Tetes ini dikeluarkan ketika orang yang terinfeksi berbicara, tertawa, bersin, atau batuk. Orang lain yang menghirup tetes itu atau menyentuhnya dan kemudian menyentuh hidung atau mulut mereka sendiri dapat juga menjadi terinfeksi.

Virus-virus yang menyebabkan roseola tampaknya tidak tersebar oleh anak-anak syang telah menunjukkan gejala penyakitnya. Sebaliknya, seseorang yang belum menunjukan gejala sering menyebarkan infeksi tersebut.

Pencegahan

Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah penyebaran roseola. Karena infeksi biasanya mempengaruhi anak-anak dan bayi tetapi jarang terjadi pada orang dewasa. Diperkirakan bahwa serangan roseola di masa kanak-kanak dapat memberikan imunitas langgeng terhadap penyakit tersebut. Ulangan kasus roseola mungkin terjadi, tetapi tidak umum.

Jangka waktu

Demam dari roseola berlangsung dari 3 sampai 7 hari, diikuti dengan ruam yang berlangsung dari beberapa jam sampai beberapa hari.

Pengobatan Profesional

Untuk membuat diagnosis, dokter anda terlebih dahulu akan mencatat seluruh gejala dan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Diagnosis roseola sering tidak pasti sampai demam turun dan muncul ruam pada kulit, jadi dokter mungkin memerintahkan dilakukan tes untuk memastikan bahwa demam tidak disebabkan oleh jenis infeksi lainnya.

Roseola biasanya tidak memerlukan perawatan profesional, dan ketika itu terjadi, kebanyakan pengobatan lebih ditujukan untuk mengurangi demam tinggi. Antibiotik tidak bisa mengobati infeksi ini karena roseola disebabkan oleh virus, dan bukan oleh bakteri.

Perawatan di rumah

Anda dapat membantu menurunkan demam anak anda dengan mengompresnya menggunakan spons atau handuk yang direndam air hangat. Anak dapat juga mandi berendam dengan air hangat. Jangan menggunakan es, air dingin, alkohol, atau mandi air dingin. Acetaminophen (seperti Tylenol) atau ibuprofen (seperti Advil atau Motrin) dapat membantu mengurangi demam anak anda. Jangan memberikan aspirin pada anak yang terkena infeksi virus karena penggunaannya dalam kasus tersebut telah dikaitkan dengan sindrom Reye, yang dapat menyebabkan kegagalan hati dan kematian.

Untuk mencegah dehidrasi akibat demam, dorong anak anda untuk minum cairan bening seperti air dengan es batu, larutan elektrolit anak-anak, soda seperti ginger ale (aduk soda pada suhu kamar sampai desis hilang), air jeruk atau kaldu. Jika bayi masih menyusui, ASI dapat membantu mencegah dehidrasi juga.

Kapan Menghubungi Dokter

Hubungi dokter jika anak andalesu atau tidak mau minum atau jika anda tidak dapat menurunkan demamnya. Jika anak anda kejang, cari perawatan darurat segera.

37 thoughts on “Roseola (tampek atau gabagen)

  1. Anakku yg plg kecil ud pernah kena, Mbak… Walaaah, sebadan sampe kepala.. ruam2 semua,… Hehehee..Tp namanya anak kecil yaa… Begitu panasnya gak tinggi, ud gak bisa diem lagi.

  2. anakq skr lg kena mbak..seluruh badan merah semua..wajah jg..padahal dl pas usia 3 blan dah prnah kena tp skr saat 9 blan kena lg

    • Yap, saya sudah dari beberapa teman yang anaknya kena dua kali.. Gak apa2 sepertinya sih. Mungkin yg pertama, blm tuntas aja kali yah🙂

  3. Aleya skrg 8.5 bln abis demam ruam semua. Uda 4 hr lom sembuh tapi uda gak mau anteng. Katanya gak boleh kena air, jadi gak mandi. Benar gak sih?

      • Kalo kena mandi gpp ya? Anakku usia 1 th kemarin demam tinggi 2 hr hr ini sdh nggap panas lg muncul bintik bintik merahnya…diobatinnya apa ya???

  4. ank sy yg ni kena..tp koq tmbul bercak dlu…trus pnas..disertai ruam2 merah..panas na jg tmbul setlah ruam2 merah bnyak kluar…tnda2 smbuh gmn y…ank 2 super aktif…pd hal.bdan panas…

  5. Yg sy heran,ini anak ku umur 6bln sekang kulitnya mendadak merah2, kadang gantian pertama muka dan leher,ntar pindah ke bagian tubuh yg lainya. Tapi badanya biasa tdk menunjukkan demam ato apapun. Kondisinya sehat seperti biasa.

    • Yang penting perhatikan demamnya, kalau sampai 3 hari gak turun, lebih baik segera bawa ke dokter. Anak saya dulu saya kasih paracetamol aja untuk menurunkan demamnya, eh blm 3 hari merah2nya sudah keluar dan demamnya hilang. Ya udah, gak jadi ke dokter deh. Utk merah2nya juga gak saya kasih apa2, krn gak gatal. Mandi jg spt biasa pakai air hangat. Merah2 itu akan hilang sendiri setelah semingguan… Kalau merah2nya gatal, boleh juga bawa ke dokter spy dikasih obat.

  6. Terima kasih informasinya mbak. Anak saya berumur 2 thn 11 bln baru saja kena. Sempat kejang demam sekitar 3 menit. Sekarang udah sehat tapi masih ada sisa ruam di kulit.

  7. anak q bru aja kena demam ampe 4 hri .hari ke 4 bru muncul ruam..pas demamnya tinggi q ksih paracetamol tpi gk ngaruh tu..akhirnya cm q kompres aja pake air anget n dbanyakin mnumnya dri asi.jus ampe kuah syur dri maemnya….skrng dh ceria lg ..hehheeh dh sembh gk bsa diem

  8. ibu, anak kena gabag boleh dimandikan ya?air hangat?saya masih khawatir, takut nyebar. jadi di waslap doang mandinya..

  9. Anakq umur 15 thn dan gak ada demam sama skali, ruam2 nya disekujur badannya kecuali telapak tangan dan wajah.
    Heran juga sih, kok tanpa demam sama sekali, apa ini jg termasuk roseola yaa….?!

  10. anakku umurnya 1, 6 bln jg lagi kena nih,terus gimana ya caranya untuk ngurangin gatelnya dan biar ruamnya cepet hilang.kasian soalnya keliatan menderita banget?……..

  11. Anak ku usia 1thn kena, demam smp 40^C, tp kata dsa nya justru harus dimandikan setiap hr pake air ledeng tdk usah aair hangat. Ya tiap dokter beda2 pendapat ya..?

    • memang boleh mandi spt biasa kok, dsa anak saya jg bilang begitu. mandi air hangat kalaush demam saja, kalau sdh tdk demam mandi air dingin jg boleh

  12. Anakq lagi demam tinggi nie, udah hampir 3 hari, malam ini lagi tinggi2nya, tadi sore keluar ruam dipunggung, tapi sedikit, tapi kok sekarag ilang yo, panasnya aja lum turun2

  13. 4 hari yg lalu anakq jg lg demam tinggi bgt,sdh dksh obat dr dokter blm sembuh jg,mau aq ksh paracetamol tablet tp g ada petunjuk buat bayi. Akhirnya aq kasih sanmol cair khusus bayi n alhamdulillah besoknya panasnya turun dan besoknya langsung kluar ruam2 merah d wajah. kata orang2 itu gabaken n sampe skrg hari ke 5 ruamnya jg blm hilang

  14. assalamualaikum
    bismillah
    slamat mlm bunda, ml hr senin maghrib anak sy ml mengalami demam 36,8 c tp sy biarkan krn msh termasuk demam lalu dpt 5 menit krn penasaran akhirnya sy term lg n hasilnya 37,8 c lalu sy beri penurun panas n panas ini berlangsung smp kmrin jam 3 pagi ….. stlh sy beri penurun panas n dingin sy tunggu smp 4 jam ter nyata tdk panas lg tp setelah itu timbul bercak yg aneh slm panas tinggi atifitas bermain makan minum tdk berubah kcl minum yg jumlahnya lbh bnyk dr biasanya sesuai permintaan si kecil sendiri sy smp berfikir ini anal sakittp tdk ada yg berubah jgn2 mau gabagen krn sy tdk tau istilah kedokteran krn untuk menunjang imun di tubuhnya spt resep org tua jaman dl mk sy beri dia kunir madu. alhamdll panas turun di hr ke 3 ini wl kdg demam lg dr 36,8-37,2 mk sy beri dia penurun panas saja. skrg sy sdh tau penyakit apa yg diderita anak sy krn ruam2 nya sdh keluar n alhamdll sy bkn termsuk ibu yg gampang panik n betul jg prediksi sy tentang penyakit si kecil tp tentang pemberian kunir madu ini sy yg msh tanda tanya… trimakasih wassalamualaikum

  15. Asslmualaikum
    anakku usiany 7 bln 4 hr yg lalu demamnya tinggi,aku ksh sanmol dan skrg dah normal suhunya,tp muncul bintik2 merah apalagi dibagian pipi,tp kdg2 hlg dn mncul lg,,,,aku rgu tuk mandiin,tkutnya campak,,,,,tp stlh bk web,,,,,ciri2ny kyk roseola,,,,,,kl roseola blh mandi g mbak

  16. anak sy juga kena, panasnya sdh turun, tp skrg keluhannya badannya gatal karena ruam td… nah obat utk gatal ruam di kulit td apa ya mbak?? apa ada salepnya atau bedak gatal aja bisa??? mohon petunjuknya mbak… thanks

  17. Baby Nay skrg lg kena gabaken ini mom.emang bnar dia demam slma 4 hari.kata dsa nya kna radang tp hbs mnum obat pnrun panas gk bs cepet trun panasnya trus g mau mnum asi jg.agk stres dan panik jg soale dia mulai lemes.tp alhamdulillah hti kelima udacg pnas lagi bercak merah mulai muncul didaerah dadavperut dan punggung hampir full.itu dikasih apa ya mom?itu gatel gak?

    • Umi Nay.. ijin comment yah
      Kalo ruam yg ini biasanya ngga gatel… berangsur-angsur bakalan hilang sendiri. Ngga perlu penanganan khusus kok. Yang penting kebersihan kulit tetap dijaga.

  18. Baca2 komen d bwh,, emg ruam2 saat pnas itu terjadi cuman sekali ya,,?? Knpa ank sya tiap kali hbis pnas pasti muncul merah2 d badannya ya,,

  19. Anak saya Elysia baru sembuh 2 hari.. demam selama 3×24 jam dan ruam timbul setelah demam turun. Selama demam Lysia saya kasih tempra drop sama dikompres. Walau nafsu makan menurun dan neteknya dikit-dikit, tetap saya bujuk supaya ngga dehidrasi dan terlalu lesu. Selama demam keringatan terus, bajunya juga serung ganti kalo udah basah. Hari pertama & kedua mandinya cuman dilap aja.. hari ke tiga direndem air hangat. Lagi ruam juga tetap mandi karna menjaga kebersihan kulit wajib. Hehehe…
    Alhamdulillah sekarang Lysia udah sembuh dan aktif lagi seperti sebelumnya. 😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s