Tahapan Perawatan Celah Bibir dan Langit-langit (Bibir sumbing)

Moms and Dads, bila kita dikaruniai Allah, seorang bayi mungil dengan celah bibir, langit-langit dan gusi (labiognatopalatoschizis) atau salah satu dan salah duanya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membawa si kecil ke dsa (dokter spesialis anak).  Minta dsa untuk memeriksa bayi kita, apakah hanya ada cbl atau ada kelainan lainnya (multiple birth defects).  Bila hanya ada cbl, maka si kecil dapat dirawat seperti layaknya bayi normal lainnya sejak dia sampai di rumah.  Bagaimana memberi susu pada bayi dengan cbl bisa dibaca di sini.

Namun, bila ada kelainan lain, maka si kecil akan memerlukan perawatan dan/atau terapi lain terkait kelainannya tersebut, dan dsa dapat membantu anda mendiagnosa dan memberi saran terbaik tentang apa yang harus dilakukan berikutnya.

Untuk cblnya sendiri, tahapan penatalaksanaan yang akan dijalani oleh penderita celah bibir dan langit-langit antara lain adalah:

(1) Operasi pada celah bibir saat memasuki usia 10 minggu/3 bulan dengan berat minimal 5 kg, dan kadar hemoglobin 10 gr%. Dikenal juga dengan istilah ‘rules of 10″, anak sudah mencapai berat 10 pounds, hb 10 dan usia sudah 10 minggu.

(2) Operasi pada celah langit-langit saat memasuki usia 10-12 bulan (beberapa dokter memilih usia 18 bulan). Operasi ini dikerjakan sedini mungkin supaya pusat bicara di otak belum membentuk cara bicara. Pada beberapa RS, anak harus sudah mencapai berat badan 10kg untuk bisa operasi langit-langit.

(3) Terapi wicara dilakukan segera setelah operasi untuk mencegah timbulnya suara sengau.  Terapi wicara biasanya dimulai 1 sampai dengan 3 bulan setelah operasi langit-langit atau setelah mendapat persetujuan dari dokter bedahnya.  Usia terbaik ketika memulai terapi wicara adalah di atas 18 bulan. Pada usia tersebut, anak sudah mau berkompromi dan mengikuti petunjuk terapis.  Lamanya terapi wicara tergantung pada kemampuan anak, latihan di rumah dan hasil operasi.

(4) Operasi perbaikan bibir dan hidung dapat dilakukan lagi pada usia 3-4th apabila dianggap perlu, yaitu sebelum anak masuk sekolah. Ini untuk menghindari rasa minder pada anak bila bentuk bibir dan hidungnya kurang simetris.

(5) Operasi membuat bendungan pada faring untuk memperbaiki fonasi/cara pengucapan (pharyngoplasty) saat usia 5-6 tahun, bila setelah operasi langit-langit yang pertama dan terapi wicara, suara anak masih sengau. Ini berarti setelah operasi langit-langit yang pertama, bagian belakang langit2 masih terlalu pendek dan tidak bisa menutup faring dengan sempurna.  Kondisi ini biasa disebut velopharingeal insufficiency (VPI).  Suara sengau akibat kondisi ini tidak dapat diperbaiki hanya dengan terapi wicara saja, dan harus dilakukan operasi lagi.

(6) Perbaikan lengkung alveolar gigi oleh dokter gigi spesialis orthodontik.  Perawatan gigi oleh dokter spesialis orthodontik ini terdiri dari beberapa tahapan dan terkait erat dengan operasi bonegraft, operasi penutupan celah gusi.  Tahapan perawatan gigi yang sebaiknya dijalani adalah:

  • Perawatan ortho anak cbl dimulai usia 7 tahun ketika gigi susu sudah tanggal dan gigi tetapnya mulai tumbuh.  Anak akan mulai memakai kawat gigi untuk meratakan giginya sebagai persiapan operasi bonegraft pada usia 8-11 tahun.  Operasi dilakukan pada usia yg berbeda pada tiap anak tergantung kapan pertumbuhan gigi tetapnya.
  • Anak dioperasi bonegraft (pencangkokan tulang) untuk mengisi celah gusinya pada usia 8-11 tahun. Bahan cangkok dapat diperoleh dari pinggul, tulang iga, tungkai, atau bagian tengkorak. Perataan posisi gigi akan membuat operasi bonegraft lebih berhasil, dalam arti menutup celah dan menyediakan tempat untuk gigi tetap tumbuh.  Dokter gigi spesialis orthodontik akan bekerja sama dengan dokter bedah untuk menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk operasi bonegraft.
  • Bila anak mengalami gejala hipoplasia, yaitu pertumbuhan rahang atas tertinggal dari rahang bawah, yang dicirikan dengan posisi gigi atas yang ada di belakang gigi bawah pada posisi menggigit, maka pada usia 10-12 tahun, anak harus memakai orthodontik face mask.

    Orthodontik face mask

    Orthodontik face mask yang harus dipakai selama 16-18 jam per hari tersebut, berfungsi untuk menarik rahang atas ke depan selama pertumbuhannya, sehingga posisi rahang atas dan bawah bisa normal.  Pemakaian face mask pada usia 10-12th adalah saat pertumbuhan rahang masih dapat dimodifikasi.  Di atas usia tersebut, pertumbuhan rahang sudah tidak dapat lagi dimodifikasi. Hipoplasia selain tampak kurang indah, juga mengganggu artikulasi huruf-huruf tertentu seperti huruf s.

  • Perawatan gigi pada anak dengan gejala hipoplasia dapat juga dimulai pada usia 4-5th dengan pemasangan rapid expander (belum pernah dikonsultasikan dengan dokter gigi).

Rapid expander

(7) Pemantauan pertumbuhan dan posisi rahang serta perawatan orthodontik (memakai kawat gigi) terus dilanjutkan hingga anak berusia 18th (laki-laki) dan 17th (perempuan).  Penyempurnaan tulang wajah dapat dilakukan pada sekitar usia tersebut di mana pertumbuhan tulang-tulang wajah telah terhenti.

Apabila pada pertumbuhan rahang atas (maxilla) masih ditemukan kurang maju, maka dapat dilakukan bedah orthognatik dengan memotong bagian tulang rahang yang tertinggal pertumbuhannya dan mengubah posisinya hingga maju ke depan.

Wajah pasien dengan hipoplasia sebelum dan sesudah operasi rahang.

Gambaran rahang yang sudah dioperasi.

Catatan:

  • Tahap perawatan dapat berubah sesuai kondisi masing-masing anak yang telah dievaluasi oleh dokter.  
  • Diambil dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.
  • Foto setelah operasi bibir dan langit-langit dapat dilihat di sini.

31 thoughts on “Tahapan Perawatan Celah Bibir dan Langit-langit (Bibir sumbing)

  1. mbak, waktu labio plasty , bagaimana ngasih makan dan minumnya, anak sy baru laboplasty insyallah bulan depan. sy khawatir gimana klo susunya gumoh lewat hidung ke lukanya yg masih blum kering?

    • Biasanya akan dikasih salep antibiotik oleh dokter. Setiap selesai makan, minum susu atau kena gumoh, harus diusap bagian yang dijahit dan sekitarnya dengan salep antibiotik itu. Untuk menghindari gumoh, harus sering2 dibuat sendawa setiap minum susu. Kalau cara pemberian susunya, ada dokter yang membolehkan langsung pakai dot seperti biasa, ada yang harus pakai sendok dulu sampai lukanya sembuh. Semoga operasinya nanti lancar ya, dan hasilnya bagus sesuai harapan😉

      • Anak saya usia 13bln blm jalankan op ,,dikrnakan ada klainan jantung,,itu pasti pegaruh besar buat suaranya ya??

  2. Pusat Terapi Anak berkebutuhan khusus Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini tumbuh kembang anak, terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, dan lain-lain dengan terapi terpadu, terapi komunikasi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi serta program pendampingan ke sekolah umum. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di erum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882

      • Buu… Ank saya sejak lahir sudah menderita bibir sumbing dan langit langit ,, bibir nya sudah di operasi .. Dan sekarang ank saya sudah maau memasuki usia 5thn namun belum juga di operasii langit langit di karenakan ank saya belem cukup berat badan nya.. Tp ank saya bisa ngomong namun blm begitu jelas… Gimana ya nanti nya?

    • Untuk membersihkannya, setiap habis minum susu atau makan harus selalu dibilas minum air putih. Mudah2an gak kenapa2 ke jahitannya ya Bunda..
      Kalau ada whatsapp, silakan add no saya di 087859490464 supaya bisa gabung di grup komunitas. Bisa share dgn ortu2 yang lainnya. Atau, gabung di grup SatuSenyum di FB.

  3. Saya bernama Iman Santoso beralamat di Jakamulya Bekasi – Jawa Barat Anak saya lahir sumbing langit2. Pada tahun 2003 dan 2005 sudah dilakukan operasi bibir dan celah langit2. Saat ini usia anak saya sdh 13 tahun dan saya bermaksud untuk memperbaiki bagian giginya. Selama ini kami berobat di RS Harapan Kita. Namun jadwal praktek RS Harapan Kita bersamaan dengan jam sekolah anak saya maka kami tidak bias berobat lagi di RS Harapan Kita. Yang saya tanyakan kemana sebaiknya saya berobat dengan jam praktek di sore atau malam hari?

  4. ibu mau nny…
    setelah operasi langit2 koq msh ad celah lobang y..
    apakah 1x operasi gk bs lsng tertutup semua langit2 ya…
    terima kasih atas jwb’an y…

    • lubangnya di sebelah mana Pak? kalau di dekat dan nyambung dgn celah gusinya, memang spt itu. lubang tsb baru bisa ditutup saat op penutupan celah gusi/bonegraft di usia 10than

    • Nanti, ikuti saja saran dokternya bagaimana Bu. Silakan jg dibaca2 di blog ini ada cara perawatan paska palatoplasty/op langit2/palatum

  5. Mau tanya nih, 1. “cbl” itu apaan ya? Trus yang diatas itu perawatan sehari-hari untuk bayi penderita bibir sumbing/sumbing langit-langit atau apa? Kalau sehari-hari kok disuruh operasi. Mksud saya itu perawatan sehari-hari sebelum dioperasi. Apakah ada cara-cara perawatannya? 2. Apakah anda mempunyai komunitas untuk kasus diatas?

    Terimakasih….

  6. Bapak/Ibu
    Anak saya lahir sumbing dan celah langit langit. Usia sekarang 2 tahun 7 bulan. Pada usia 11 bulan sudah operasi bibir sumbing di RS PROMEDIKA Pontianak oleh Dr Chaerul. Operasi tahap 2 untuk langit langitnya belum. Sebab dana tak cukup. Kami tinggal di kecamatan Toba kab Sanggau propinsi Kalimantan barat. Mohon kalau ada operasi langit langit gratis di Pontianak di infokan ke kami. Agar putra kami bisa bicara lancar seperti anak anak umumnya. Terima kasih. Hp 082255631115

  7. Mber. .mau tanya ni. . .biaya operasi bibir sumbing untuk tahun ini berapa ya. . .minta infonya ya,ni bentar lagi saya punya anak mau operasi bibirnya. .makasih

  8. Sedikit rekomendasi, kemarin saya mengantar kenalan mamah saya yang cucunya konsul habis operasi laboplasty sekalian anak pertama saya juga sama. Mungkin saya bisa merekomendasikan ke Yayasan Bibir Sumbing Indonesia di RSGM Fakultas Kedokteran UNPAD Bandung, Jalan Sekeloa, Dipati Ukur.

    Semua biaya operasi termasuk rumah singgah serta perawatan anak sampai dewasa ditanggung sepenuhnya oleh Yayasan tsb (Cleft Center). Semoga bermanfaat.

  9. Pingback: Cara Mengatasi Bayi Bibir Sumbing atau Celah Bibir dan Langit-Langit (CBL) | Tips Dani

  10. ass…..sya mau tanya klw biaya buat operasi sumbing bibir di rumah sakit ini berapa ya? ?.
    terima kasih .wass

  11. Slmt siang dok, sy mempunya anak usia 12,6 tahun yg menderita bibir sumbing 2 sisi. Sudah melaksanakan 2x operasi pd umur 3 bibir luar dan 3,8 tahun gusi. Saan ini putra sy akan melaksanakn operasi gusi, yg harus melakukan pencangkokan tulang. Yg ingin sy tanyakan apakah operasi gusi dngn pencangkokan itu, ntnya akan bisa tumbuh gigi taring dngn usia dia, dan apakah operasi pencangkokan itu berbahaya tuk kesehatan anak sy kedepannya. Terimah kasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s