Bagi-bagi candu

toga2.jpgMenyambung postingan terdahulu, dan menjawab pertanyaan yang sering saya dapat perihal bagaimana agar bisa melanjutkan sekolah (terutama ke luar negeri), mungkin bagi-bagi candu ini bisa sedikit memberi inspirasi. Sekolah adalah candu, supaya bisa sekolah terus ya harus kecanduan juga.

Tapi, kalau sudah lama anda ingin melanjutkan sekolah (ke luar negeri), tapi tahun demi tahun berlalu dan anda masih juga di sini, di tempat yang sama, maka sudah saatnya anda bertanya lagi pada diri sendiri tentang tiga hal penting di bawah ini:

  1. Senangkah anda dengan jurusan yang anda ambil di Universitas? Apakah melakukan berbagai pekerjaan yang ada hubungannya dengan ilmu yang anda pelajari itu membuat anda senang bukan kepalang dan merasa hidup? Kalau jawabannya YA, silakan anda lanjut ke pertanyaan kedua.
  2. Anda senang sekali dan merasa hidup saat bekerja sesuai dengan ilmu anda, tapi benarkah anda ingin sekolah lagi? Benarkah anda ingin menuntut ilmu lebih dalam tentang hal yang anda senangi itu? Inginkah anda sekali lagi duduk dalam kelas dan mengerjakan tugas-tugas kuliah? Kalau jawabannya YA, silakan lanjut ke pertanyaan ketiga.
  3. Sekolah di tempat yang baru (terutama di luar negeri) berarti meninggalkan segala kenyamanan dan ketidaknyamanan yang anda miliki saat ini, di negeri ini. Anda akan harus meninggalkan keluarga dan sahabat-sahabat anda di sini. Siapkah anda untuk meninggalkan semua itu dalam jangka waktu cukup lama? Maukah anda memulai hidup baru, di tempat baru, dengan teman-teman baru? Kalau jawabannya YA, maka saya bisa bilang: Selamat! Anda sudah kecanduan.

Tiga hal di atas adalah hal paling penting yang harus anda miliki bila ingin melanjutkan sekolah di tempat yang baru. Tanpa tiga hal tersebut, kemungkinannya kecil bagi anda untuk melangkah ke hal-hal yang lebih teknis, seperti tes TOEFL, menulis aplikasi beasiswa, mencari universitas dan jurusan yang tepat, mengurus paspor dan visa, serta lain sebagainya.

Saya tidak akan membahas bagaimana cara untuk memperoleh beasiswa di sini. Sudah banyak website dan blogblog lain yang membahasnya. Bila benar anda ingin mendapatkan beasiswa untuk bisa melanjutkan sekolah, yang harus anda lakukan hanyalah googling kata ”beasiswa”. Ribuan jawaban akan anda dapatkan.

Namun bagi saya, mudah-mudahan bagi anda juga, candu sekolah hanya bisa didapatkan bila anda menjawab tiga pertanyaan di atas dengan YA, dengan tulus dan dari lubuk hati yang paling dalam, dari niat yang paling murni. Tanpa itu, lebih baik kalau anda katakan selamat tinggal pada sekolah🙂

So, katakan YA, dan Selamat nyandu!😉

5 thoughts on “Bagi-bagi candu

  1. semuanya lebih ke soul!…coba bahasa indonesia di akui sebagai bahasa resmi akademik di luar negeri juga…everything gonna be a lot easier 😀


    “Diah says:
    Ayo, mari kita buat seperti itu sama-sama😀 “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s