South Park

180px-southpark_disclaimer.png

“Semua karakter dan kejadian dalam show ini — bahkan yang didasarkan pada tokoh asli– adalah fiksi belaka. Semua suara selebritis adalah tiruan….yang buruk. Program ini berisi bahasa yang kasar dan karena isinya, seharusnya tidak ditonton oleh siapa pun….”

Demikian bunyi ‘peringatan’ yang muncul di awal setiap tayangan South Park.

Film kartun vulgar ini sudah bikin saya jatuh cinta sejak pertama kali melihatnya di TV Inggris 2001 lalu. Sayangnya, di Indonesia serial ini sepertinya tidak pernah diputar, mungkin saking vulgarnya😛 Padahal kartun South Park sudah tayang di TV sejak tahun 1997, dan bakal terus tayang tiap minggunya sampai 2011. Memang hebat dua anak muda, Trey Parker dan Matt Stone, si pencipta serial ini. Sepanjang masa tayangnya, serial mereka banyak menerima penghargaan resmi perfilman, bahkan sempat dibuat layar lebarnya pada tahun 1999.

South Park bercerita tentang keseharian empat sekawan kelas 4 SD: Eric Theodore Cartman, Stanley “Stan” Marsh, Kyle Broflovski, dan Kenneth “Kenny” McCormick, di South Park, Colorado, US. Walaupun film kartun dan tokoh utamanya adalah anak-anak SD, tapi film ini adalah film dewasa dan sebaiknya tidak ditonton anak-anak sama sekali. Di negara asalnya, film ini tayang pukul 10 malam, saat anak-anak sudah tidur.

Komedi dalam cerita diangkat dari subyek yang oleh banyak orang dianggap sangat tabu, sehingga sering menjadi kontroversi. Agama dibahas dengan vulgar, demikian juga dengan seks, toleransi terhadap perbedaan, atau bencana alam. Dalam South Park, Trey dan Matt dengan ringan membahas subyek tabu tersebut, membuatnya hanya bagian dari proses si empat sekawan Cartman cs tumbuh menjadi dewasa.

 

southparkhd.png

Yah memang sih, katanya begitu anda nonton film ini, bakal cuma ada dua kemungkinan: either you love it or hate it. Kalau saya, masuk yang golongan love it, banget!😀. Dan sevulgar-vulgarnya kartun ini, tetap lebih layak tonton daripada sinetron Indonesia yang tidak beradab itu, yang harusnya dilarang untuk ditonton, baik oleh yang dewasa apalagi anak-anak.

Sudah lama juga saya kepingin punya DVD lengkapnya, tapi memang sih belum pernah serius mencari. Pucuk dicinta ulam tiba, ultah kemaren saya dapat hadiah DVD South Park, dari season satu sampai delapan. Wow, nyaris komplit! So, hari-hari ini, kalau saya bosan, langsung deh saya putar DVD, nonton Cartman cs berpetualang di kota kecil mereka, South Park. Daripada nonton sinetron…..

Ps. Ulasan lebih lengkap tentang South Park bisa dilihat di sini

2 thoughts on “South Park

  1. Jadi pengin nonton juga mbak, kemungkinan bisa tayang di Indonesia gak ya?


    “Diah says:
    Uaah kayaknya gak mungkin deh. Bakal banyak pemuka agama yang ngamuk😛 Nonton di internet aja (lihat di link yang saya kasih) ato beli bajakannya he he “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s