Artikulasi dan kosa kata anak dengan celah bibir dan langit-langit

Saya lumayan banyak dapat pertanyaan tentang perkembangan bicara anak cbl, baik yang sudah ikut terapi wicara maupun belum.  Sebenarnya, kemampuan bicara satu anak dengan yang lainnya tidak bisa dibanding-bandingkan karena setiap anak memiliki kemampuan belajarnya sendiri-sendiri.  Apabila orang tua khawatir dengan perkembangan bicara anak, bertanya-tanya apakah anak terlambat bicara atau tidak, sebaiknya orang tua segera membawa anak ke terapis wicara.

Terapis wicara biasanya praktek di klinik-klinik khusus atau di bagian Rehabilitasi Medik rumah sakit.  Diagnosa dari dokter rehabilitasi medik dan/atau terapis wicara akan lebih menjelaskan tentang kondisi anak.  Membawa ke terapis atau dokter rehabilitasi medik menjadi lebih penting untuk anak dengan celah bibir dan langit-langit, karena bila terlambat, kondisi suara sengau pada anak akan lebih sulit dihilangkan, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk terapi.

Tapi, untuk menjawab rasa penasaran yang ada sekarang, di bawah ini ada beberapa kata-kata yang mampu diucapkan Rael anak saya, ketika masih berusia 21 bulan dan belum mulai terapi wicara secara intensif:

bapak:  mamak;  bapak
ibo:  mmo; bo
bobo: momok; bobok
gambar: aman; amay
pabo (pakdenya Rael yg guru gambar): abo
abe (sepupunya):  ame; abe
ndan (temannya): nan
nin (nenek):  nein
kano (temannya):  ano

bola: nga
basket: aket
bulan: nguan
bintang: tan; tang
matahari: ai
awan: awan

mobil: agem
truk: kok
motor: kokol
becak: cak
angkot: angkok
bajaj: ajay

apel: akol
apem: apem
pop: pok; pop
Doc Hudson (karakter di film Cars): dok acen
egg: egg

ikan: kan
ulat: ngat
gajah: ajah
ayam: anam; ayam (dgn lafal y yg masih aneh)
nggak ada: ga da
nggak mau: ma mau

bot (sepatu bot): mok

Bulan Mei nanti, Rael berusia 3 tahun, sudah amat sangat lancar bicaranya , juga tidak sengau. Rael mengikuti terapi wicara di Klinik Pela 9 dengan ibu Rita Rachmawati. Terapi wicara bisa dimulai segera setelah mendapat persetujuan dari dokter bedahnya, biasanya 1-3 bulan setelah operasi langit-langit.  Tapi berdasar pengalaman, terapi baiknya dimulai saat anak sudah berusia 18 bulan, karena di bawah usia  18 bulan, anak masih sangat sulit berkonsentrasi dan mengikuti petunjuk dari terapis. Rael operasi langit-langit saat usia 14 bulan dan baru mulai terapi wicara usia 21 bulan. Ternyata tidak ada masalah dan sekarang artikulasinya sudah jelas dan normal.

Terapi Rael dimulai dengan program seminggu sekali, sebanyak 10x pertemuan, lanjut dengan sebulan sekali sebanyak 3x pertemuan, lalu 3 bulan sekali sampai Rael usia 4 tahun nanti. Itu program yg diberikan Bu Rita untuk Rael. Untuk anak lain, akan berbeda lagi.  Tiap anak akan punya program berbeda-beda tergantung hasil evaluasi awal dan perkembangannya selama terapi.  Berapa lama dia harus ikut terapi, tergantung pada kemampuan anak, latihan di rumah dan hasil operasi langit-langitnya.

Bulan Februari lalu adalah mulainya Rael terapi 3 bulan sekali dan lebih bersifat kontrol saja. Tiga bulan yang lalu, hasil evaluasinya sudah bagus sekali. Tidak ada kebocoran udara dari hidung dan tidak sengau sama sekali. Tapi ternyata setelah 3 bulan tidak terapi, ada lagi bocor udara lewat hidung. Pantas saja, saya dengar-dengar tiap hari di rumah, suaranya makin lama makin terdengar agak sengau. Selama 3 bulan terakhir memang Rael tidak pernah latihan lagi di rumah. Tidak pernah minum pakai sedotan melingkar, jarang main tiup-tiup lagi, juga jarang saya perbaiki ucapannya. Saya santai karena hasil evaluasi 3 bulan yang lalu sudah bagus.

Ternyata oh ternyata, latihan dan maintenance itu sangat penting!

Sekarang, Rael masih tetap harus latihan meniup, menggembungkan pipi, menyedot dan melatih beberapa artikulasi huruf spt P. Dia pun latihan lagi setiap hari, anytime anywhere. Juga diperbaiki lagi ucapannya kalau terdengar agak sengau.

Latihan dan maintenance itu penting sekali untuk bicara anak cbl agar tidak sengau. Anytime, anywhere

Oia, artikulasi dan kosa kata Rael di usia 21 bulan tersebut bisa dibilang lebih dibanding rata-rata anak cbl lainnya, dan itu mungkin hasil dari saya rajin melatih dia dari sebelum ikut terapi wicara.

Ini ada artikel tentang terapi wicara di rumah yg saya dapat dari forum CBL Indonesia dan sudah saya terjemahkan.  Saya mempraktekkannya untuk Rael jauh sebelum dia mulai terapi dengan Ibu Rita. Bahkan sebelum dia operasi langit-langit, seperti misalnya latihan bermain lidah yang sudah bisa dilakukan walaupun langit-langitnya blm ditutup.

Mungkin latihan-latihan itu sedikit banyak membantu dia untuk bisa cepat belajar.

Rajin diajak bicara dan membaca buku. Rajin mengulang kata-katanya yg masih salah dengan kata yg benar secara perlahan-lahan juga sangat membantu.

About these ads

11 thoughts on “Artikulasi dan kosa kata anak dengan celah bibir dan langit-langit

  1. Pusat Terapi Anak berkebutuhan khusus Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini tumbuh kembang anak, terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, dan lain-lain dengan terapi terpadu, terapi komunikasi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi serta program pendampingan ke sekolah umum. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di erum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882

  2. hallo mba diahasri.. selamat atas perkembangan kemampuan bicara dari si kecil, semoga semakin baik lagi dan lagi.. kebetulan saya memiliki keponakan yang terlahir dengan cleft palate, syukurnya tidak sampai cleft lip sehingga tidak mengganggu penampilannya, memang si kecil baru berusia 5 bulan tetapi kami sekeluarga khawatir dengan kemampuan bicaranya kelak.. mungkin bila mba diahasri berkenan saya berharap untuk diberikan informasi mengenai prosedur untuk operasi cleft palate, kisaran biaya yang dibutuhkan serta bagaimana saya bisa menghubungi dr. gentur sudjatmiko, informasi yang mba diahasri berikan akan sangat membantu kami, terima kasih saya ucapkan sebelumnya.. : )

    • Terima kasih Pak Daniel, thanks God Rael sudah melewati tahap perawatannya sampai hampir selesai terapi wicara. Hasilnya juga bagus sekali. Untuk menghubungi dr Gentur bisa langsung ke tempat prakteknya di Cleft and Craniofacial Center (CCC) Gd. CMO RSCM, hari Senin pk 8-12. Bisa juga telp dulu ke sana di 021 3146677 Kisaran biayanya 8 jutaan, baiknya ditanyakan lagi ke sana spy lebih update.

  3. ,, saya mau tnya ,, sya mmpunyai suara sengau tp bbir saya tdak smbing ,, cma lngit^nya aja yg kurang smpurna ,, klau bleh tau kisaran biaya untuk oprsi lngit^ brapa ?
    ,, mhon d jwab ,, trima ksih

    • Op langit2 sekitar 7jt. Kalo anda di Jkt, bisa coba hub the Gentur Cleft Foundation utk bantuan biaya. Tp stlh op harus ikut terapi wicara untuk mengurangi suara sengaunya..

  4. Pkbr mbA diahasri,salam kenal,saya punya anak kdua yg lahir dalm kondisi celah langit dan bibir satu sisi,operasi pertama waktu umur 4 bln,operasi kdua umur 18bln,skrng umur 19bln saran dokter mulai terapi wicara,kebetulan dr operasi 1 sampe skrng masih drmh sakit harapN kita,dsana jg ad fasilitS terapi,kalo umur sgitu sebaikna terapi wicara sminggu brapA kali yCh?zita udah bisA bicara ayah,mamah,ngk,tp kalo manggil abang sama abis,itu yg di ucap amah,itu nanti bisa berubah ngk yCh?
    Maaf yach,aq sekddr mau sharing
    Makasih mba diahasri

    • Untuk terapi wicara, nanti terapis yang buatkan program untuk anak ibu, tergantung dari hasil evaluasi awal dan perkembangannya. Mudah2an gak terlalu lama sudah bisa lancar bicara ya Bu, yang penting rajin latihan juga di rumah, sesuai saran terapisnya

    • Kalau di RS Fatmawati Jaksel 2th lalu, bayr 25rb sekali dtg. Di RSCM, 50rb per datang. Kalau di klinik swasta, antara 100-150 rb per datang. Di RSAB Harapan Kita, setara dgn klinik swasta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s